Doa Katekismus Kecil

Kembali ke laman Doa-doa

Oleh: John T Pless

Sumber: Pless, John T. 2016. Praying Luther’s Small Catechism. St. Louis, MO : Concordia Publishing House, 2016.

Penerjemah: Admin http://www.timbho.com

  1. Dasa Titah
    1. Titah Pertama
    2. Titah Kedua
    3. Titah Ketiga
    4. Titah Keempat
    5. Titah Kelima
    6. Titah Keenam
    7. Titah Ketujuh
    8. Titah Kedelapan
    9. Titah Kesembilan
    10. Titah Kesepuluh
    11. Kesimpulan
  2. Pengakuan Iman Rasuli
    1. Pasal Pertama: Penciptaan
    2. Pasal Kedua: Penebusan
    3. Pasal Ketiga: Pengudusan
  3. Doa Tuhan
    1. Pendahuluan
    2. Permohonan Pertama
    3. Permohonan Kedua
    4. Permohonan Ketiga
    5. Permohonan Keempat
    6. Permohonan Kelima
    7. Permohonan Keenam
    8. Permohonan Ketujuh
    9. Penutup
  4. Baptisan Kudus
    1. Pertama
    2. Kedua
    3. Ketiga
    4. Keempat
  5. Konfesi dan Absolusi
  6. Sakramen Altar
    1. [Pertama]
    2. [Kedua]
    3. [Ketiga]
    4. [Keempat]
  7. Doa Pagi dan Malam
  8. Anugerah di Meja Makan
  9. Daftar Tugas
    1. [Pertama]
    2. [Kedua]
    3. [Ketiga]

Dasa Titah

Titah Pertama

Ya TUHAN Allah, Engkau mengharuskan kami un­tuk takut, cinta, dan percaya kepada-Mu melebihi segala se­suatu. Berikanlah kepada kami hati yang penuh untuk takut akan murka-Mu, sehingga kami menghindari semua yang ja­hat, semua yang Engkau benci. Tetapi, tolonglah kami untuk mencintai segala sesuatu yang Engkau perintahkan dan un­tuk percaya pada janji-janji-Mu; melalui Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan memerintah bersama-sama dengan Engkau dan Roh Kudus, Allah yang esa, kini dan selamanya. Amin.

“I am alone your God, the Lord:
No other gods shall be adored.
But you shall fully trust in Me
And love Me wholeheartedly.”
Have mercy, Lord!

LSB 581:2

Titah Kedua

Ya Allah yang kudus dan penuh rahmat, jadikanlah kami takut dan cinta kepada-Mu, sehingga kami tidak mengutuk, bersumpah, bersihir, berdusta, atau menipu dengan menggunakan nama-Mu, tetapi menyebutnya dalam setiap kesusahan, doa, pujian, dan syukur; dan agar kami memuliakan nama-Mu yang satu-satunya kudus; melalui Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

“Do not My holy name disgrace,
Do not My Word of truth debase.
Praise only that as good and true
Which I Myself say and do.”
Have mercy, Lord!

LSB 581:3

Titah Ketiga

Ya Allah yang penuh rahmat, dengan Firman dan Roh-Mu, jauhkanlah kami dari tak henti-hentinya bekerja agar kami boleh mendapatkan istirahat kami di dalam Engkau saja. Dengan takut dan cinta kepada-Mu melebihi segala sesuatu, berikanlah agar jangan sekali-kali kami meremehkan khotbah akan Firman Kehidupan-Mu, tetapi menjaga kekudusannya dan dengan senang hati mendengarkan dan mempelajarinya; melalui Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

“You shall observe the worship day
That peace may fill your home, and pray,
And put aside the work you do,
So that God may work in you.”
Have mercy, Lord!

LSB 581:4

Titah Keempat

Ya Bapa sorgawi, dari-Mu sajalah semua kemurahan bapawi di dunia ini berasal: Lihatlah anak-anak-Mu dalam belas kasihan agar kami jangan sekali-kali berdosa terhadap Engkau dengan memandang rendah ataupun membangkitkan kemarahan orangtua kami dan orang lain yang telah Engkau berikan otoritas atas kami. Berikanlah kami pertobatan dimana kami telah mengabaikan, melalaikan, atau memancing amarah orangtua kami, dan mampukanlah kami untuk menghormati, melayani, mematuhi, mencintai, dan menghargai mereka sebagai alat-Mu untuk memberikan kami kehidupan dan berkat; melalui Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami. Amin.

“You are to honor and obey
Your father, mother, ev’ry day,
Serve them each way that comes to hand;
You’ll then live long in the land.”
Have mercy, Lord!

LSB 581:5

Titah Kelima

Ya Allah, Pembela yang lemah dan Penolong yang tak berdaya, kami mohon kepada-Mu, lindungilah kami dengan kebaikan-Mu dan kuatkanlah kami dengan rahmat-Mu agar kami boleh berperilaku dengan kelembutan kepada sesama kami, dan jangan sekali-kali kami menyakiti atau membahayakan tubuh mereka melalui perkataan, perbuatan yang menyakiti, atau mengabaikan kesejahteraan mereka. Tetapi, kuatkanlah kami untuk menolong dan mendukung mereka dalam setiap kebutuhan fisik mereka bahkan sebagaimana Engkau telah menunjukkan belas kasihan-Mu pada kami di dalam Putra-Mu yang disalibkan, yang di dalam nama-Nya saja kami berdoa. Amin.

“You shall not murder, hurt, nor hate;
Your anger dare not dominate.
Be kind and patient; help, defend,
And treat your foe as your friend.”
Have mercy, Lord!

LSB 581:6

Titah Keenam

Ya Bapa yang suci, Engkau memberkati orangtua pertama kami di Firdaus dengan pemberian-Mu, yaitu pernikahan, dan dengan Firman-Mu Engkau terus mempersatukan laki-laki dan perempuan dalam pernikahan yang Engkau kuduskan dan berkati tersebut. Jagalah kami dari semua nafsu hina dan setiap dosa seksual agar kami boleh murni dan layak dalam segala sesuatu yang kami katakan dan lakukan. Jawablah tangisan mereka yang mencari pasangan yang saleh, dan teguhkanlah semua pasangan yang menikah dalam kesetiaan agar mereka boleh menghormati dan mencintai satu sama lain dan dengan demikian memuliakan Engkau; melalui Yesus Kristus, yang adalah Mempelai Pria yang sejati untuk Pengantin-Nya, yaitu Gereja. Amin.

“Be faithful to your marriage vow;
No lust or impure thoughts allow.
Keep all your conduct free from sin
By self-controlled discipline.”
Have mercy, Lord!

LSB 581:7

Titah Ketujuh

Ya Bapa, Cahaya dan Pemberi setiap pemberian yang baik, jagalah kami dari perbuatan yang memperlakukan uang atau milik sesama kami sebagai hal-hal yang boleh kami ambil untuk diri kami. Tetapi, berikanlah kami kemurahan hati agar kami boleh membantu dan menolong sesama kami untuk mengembangkan dan melindungi milik dan pendapatan mereka agar mereka boleh hidup tanpa kekurangan atau keterbutuhan; dan agar mereka menikmati berkat-berkat yang Engkau berikan pada mereka; melalui Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

“You shall not steal or take away
What others worked for night and day,
But open wide a gen’rous hand
And help the poor in the land.”
Have mercy, Lord!

LSB 581:8

Titah Kedelapan

Ya Allah kebenaran, berjagalah pada pintu bibir kami, agar lidah kami boleh dimurnikan dari ucapan yang berdosa dan dikuduskan untuk perkataan-perkataan yang memperbaiki akhlak. Berikanlah kami pertobatan dimana kami telah mengucapkan dusta, berkhianat dengan mengungkap rahasia, memfitnah dengan gosip yang jahat, atau mencemarkan nama baik sesama kami dengan dusta atau dengan kebenaran yang setengah-setengah. Buatlah kami ingin sekali dan siap untuk hadir membela sesama kami, berbicara tentang mereka dengan baik, dan menjelaskan keadaan dan tindakan mereka dengan cara yang paling baik hati. Dengarkanlah kami oleh karena Dia yang adalah Kebenaran yang berinkarnasi, yaitu Putra-Mu, Tuhan kami Yesus Kristus. Amin.

“Bear no false witness nor defame
Your neighbor nor destroy his name,
But view him in the kindest way;
Speak truth in all that you say.”
Have mercy, Lord!

LSB 581:9

Titah Kesembilan

Ya Pemberi yang penuh anugerah, yang memberi setiap pemberian yang baik dan sempurna, kendalikanlah hati kami yang penuh tipu daya ini, sebab hati kami begitu mudahnya ditarik pada ketamakan yang adalah berhala. Hancurkanlah setiap rencana yang mencoba-coba memperoleh harta yang telah Engkau berikan pada sesama kami, dan berikanlah kami kepuasan akan roti hari demi hari yang Engkau berikan kepada kami secara cuma-cuma dimana sebenarnya kami tak pantas mendapatkannya; melalui Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

“You shall not crave your neighbor’s house
Nor covet money, goods, or spouse.
Pray God He would your neighbor bless
As you yourself wish success.”
Have mercy, Lord!

LSB 581:10

Titah Kesepuluh

Ya Allah yang Mahakuasa, Tuhan semua yang baik dan murni: Tetapkanlah hati kami pada Engkau saja agar kami tidak memikat pasangan, pekerja, atau hewan-hewan sesama kami, tetapi justru mendesak mereka untuk memenuhi tanggung jawab mereka pada tempat dan posisi yang Engkau berikan pada mereka; melalui Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

“You shall not crave your neighbor’s house
Nor covet money, goods, or spouse.
Pray God He would your neighbor bless
As you yourself wish success.”
Have mercy, Lord!

LSB 581:10

Kesimpulan

Ya TUHAN Allah, dalam cemburu kudus-Mu Engkau tidak akan pernah membiarkan ada allah lain pada kami. Satukanlah hati kami untuk takut pada murka-Mu dan selalu mematuhi Titah-titah-Mu yang karenanya justru mendatangkan penghukuman pantas dari-Mu. Mampukanlah kami untuk cinta dan percaya pada-Mu melebihi segala sesuatu agar oleh anugerah-Mu kami boleh menerima berkat-berkat yang Engkau janjikan pada mereka yang taat; melalui Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang hidup dan memerintah bersama-sama dengan Engkau dan Roh Kudus, Allah yang esa, kini dan selamanya. Amin.

You have this Law to see therein
That you have not been free from sin
But also that you clearly see
How pure toward God life should be.
Have mercy, Lord!

Our works cannot salvation gain;
They merit only endless pain.
Forgive us, Lord! To Christ we flee,
Who pleads for us endlessly.
Have mercy, Lord!

LSB 581:11-12

Pengakuan Iman Rasuli

Pasal Pertama: Penciptaan

Ya Yang Mahakuasa, Pencipta langit dan bumi: Kami mempersembahkan syukur kami kepada-Mu untuk pemberian-Mu akan penciptaan kami dalam tubuh dan jiwa. Engkau adalah Pemberi mata, telinga, dan seluruh anggota tubuh kami. Engkau telah memberikan kami pikiran dan perasaan kami, dan dalam kemurahan hati Engkau memelihara kami. Sebab apa yang kami perlukan untuk tubuh dan kehidupan kami—makanan dan minuman, rumah dan tempat tinggal, pasangan hidup dan anak-anak, tanah dan hewan, dan semua yang kami miliki—Engkau sediakan dengan murah hati hari demi hari. Dalam perhatian baik-Mu Engkau membela kami dari semua bahaya, serta menjaga dan melindungi kami dari semua yang jahat. Semuanya ini Engkau lakukan hanya karena sifat Bapawi-Mu, serta karena kebaikan dan rahmat-Mu yang ilahi; tanpa memperhitungkan—sebab tidak ada—jasa dan kelayakan dalam diri kami. Oleh karena itu, kami memohon kepada-Mu, ya Allah yang penuh rahmat, berikanlah kami iman untuk menyadari semua kebaikan-Mu, lidah untuk bersyukur dan memuji nama kudus-Mu, dan kehidupan yang dengan sukacita diberikan untuk melayani dan taat pada-Mu; melalui Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan memerintah bersama-sama dengan Engkau dan Roh Kudus, Allah yang esa, kini dan selamanya. Amin.

We all believe in one true God
Who created earth and heaven
The Father who to us in love
Has the right of children given.
He in soul and body feeds us;
All we need His hand provides us;
Through all snares and perils leads us,
Watching that no harm betide us.
He cares for us by day and night;
All things are governed by His might.

LSB 954:1 “Wir Glauben All” by Martin Luther

Pasal Kedua: Penebusan

Ya Tuhan Yesus Kristus, yang adalah Allah sejati yang diperanakkan Bapa dari kekekalan, dan yang adalah Manusia sejati yang lahir dari gadis perawan Maria; Engkau telah menebus kami, orang yang terhilang dan terkutuk. Kami mengucap syukur kepada-Mu, sebab Engkau telah membayar lunas dan memenangkan kami dari segala dosa, dari kematian, dan dari kuasa iblis, bukan dengan emas atau perak, tetapi dengan darah-Mu yang kudus dan mulia dan dengan kematian dan penderitaan-Mu yang tak bercela. Kami memuji-Mu sebab Engkau telah membuat kami menjadi milik-Mu agar kami boleh hidup menurut Engkau di dalam kerajaan-Mu dan agar kami melayani-Mu di dalam kebenaran, ketidakbercelaan, dan keterberkatan yang kekal, sama seperti Engkau yang telah bangkit dari antara orang mati, hidup dan memerintah selama-lamanya bersama-sama dengan Bapa-Mu dan Roh Kudus, Allah yang esa, kini dan selamanya. Amin.

We all believe in Jesus Christ,
His own Son, our Lord, possessing
And equal Godhead, throne, and might,
Source of ev’ry grace and blessing;
Born of Mary, virgin mother,
By the power of the Spirit,
Word made flesh, our elder brother;
That the lost might life inherit,
Was crucified for all our sin
And raised by God to life again.

LSB 954:2

Pasal Ketiga: Pengudusan

Ya Tuhan Yesus, kami tidak dapat percaya kepada-Mu atau datang kepada-Mu dengan akal budi atau kekuatan kami sendiri; tetapi Roh Kudus lah yang telah memanggil kami dengan Injil, menerangi kami dengan pemberian-pemberian-Nya, menguduskan kami dan menjaga kami senantiasa di dalam iman yang benar. Dengan cara yang sama, Dia memanggil, mengumpulkan, menerangi, dan menguduskan seluruh Gereja Kristen di dunia ini dan menjaganya agar senantiasa bersama-sama dengan Engkau di dalam satu iman yang benar. Dalam Gereja Kristen ini, Roh Kudus setiap hari dalam kemurahan hati-Nya yang berlimpah-limpah mengampuni kami dari segala dosa kami. Pada akhir zaman, Dia akan membangkitkan orang mati dan memberikan hidup yang kekal kepada semua yang percaya kepada-Mu. Untuk ini kami memuji Engkau dan memohon kepada-Mu menurut janji-Mu untuk memberikan kami Penghibur agar kami boleh senantiasa teguh dalam pengakuan ini. Sebab Engkau hidup dan memerintah bersama-sama dengan-Nya dan dengan Bapa, Allah yang esa, kini dan selamanya. Amin.

We all confess the Holy Ghost,
Who, in highest heaven dwelling
With God the Father and the Son,
Comforts us beyond all telling;
Who the Church, His own creation,
Keeps in unity of spirit.
Here forgiveness and salvation
Daily come through Jesus’ merit.
All flesh shall rise, and we shall be
In bliss with God eternally.
Amen, amen.

LSB 954:3

Doa Tuhan

Pendahuluan

Ya Bapa yang kudus, dengan perkataan-Mu ini Engkau dengan lembut mengundang kami untuk percaya bahwa Engkau benar-benar adalah Bapa kami dan bahwa kami benar-benar adalah anak-anak-Mu; sehingga dengan keberanian dan keyakinan kami boleh meminta kepada-Mu, seperti anak-anak yang disayangi bapanya meminta kepada bapa yang disayangi anak-anaknya; melalui Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

Our Father, who from heav’n above
Bids all of us to live in love
As members of one family
And pray to You in unity,
Teach us no thoughtless words to say
But from our inmost hearts to pray.

LSB 766:1 “Vater Unser” by Martin Luther

Permohonan Pertama

Ya Bapa Sorgawi, nama-Mu adalah kudus dengan sendirinya. Dengan anugerah-Mu, berikanlah agar nama-Mu juga terjaga tetap kudus di dalam kehidupan kami. Buatlah Firman-Mu diajarkan dalam kebenaran dan kemurniannya di tengah-tengah kami, dan kuduskanlah kami dengan kebenaran-Mu untuk menghidupi kehidupan yang suci menurut Firman-Mu. Lindungilah kami dari ajaran yang salah dan perilaku yang tidak suci yang hanya menodai nama-Mu di antara kami; melalui Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan memerintah bersama-sama dengan Engkau dan Roh Kudus, Allah yang esa, kini dan selamanya. Amin.

Your name be hallowed. Help us, Lord,
In purity to keep Your Word,
That to the glory of Your name
We walk before You free from blame.
Let no false teaching us pervert;
All poor deluded souls convert.

LSB 766:2

Permohonan Kedua

Ya Bapa yang penuh rahmat, kerajaan-Mu datang dengan sendirinya tanpa doa-doa kami, tetapi kami memohon kepada-Mu agar kiranya kerajaan-Mu juga datang pada kami. Berikanlah kami Roh Kudus-Mu, ya Bapa Sorgawi, agar oleh anugerah-Mu kami percaya pada Firman-Mu dan menghidupi kehidupan yang saleh, baik saat ini di dunia ini maupun pada masa mendatang di dalam kekekalan; melalui Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan memerintah bersama-sama dengan Engkau dan Roh Kudus, Allah yang esa, kini dan selamanya. Amin.

Your kingdom come. Guard Your domain
And Your eternal righteous reign.
The Holy Ghost enrich our day
With gifts attendant on our way.
Break Satan’s pow’r, defeat his rage;
Preserve Your Church from age to age.

LSB 766:3

Permohonan Ketiga

Ya Allah yang dimuliakan, kehendak-Mu yang baik dan penuh anugerah itu terjadi bahkan tanpa doa kami, tetapi kami berdoa agar kehendak-Mu juga terjadi di antara kami. Untuk itu, kami memohon kepada-Mu, ya Tuhan yang kudus, untuk menghancurkan dan menghalangi setiap rencana dan maksud jahat dari: iblis, dunia, dan tabiat berdosa kami; yang tidak menginginkan kami menguduskan nama-Mu atau membiarkan kerajaan-Mu datang. Kuatkan dan jagalah kami untuk tetap teguh di dalam Firman-Mu dan tetap setia sampai kami mati. Penuhilah kami dengan kehendak-Mu yang baik dan penuh anugerah itu; melalui Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

Your gracious will on earth be done
As it is done before Your throne,
That patiently we may obey
Throughout our lives all that You say.
Curb flesh and blood and ev’ry ill
That sets itself against Your will.

LSB 766:4

Permohonan Keempat

Ya Bapa yang murah hati, Engkau pasti membuka tangan-Mu untuk memberikan makanan sehari-hari kepada setiap orang tanpa doa-doa kami, bahkan kepada semua orang jahat. Kami berdoa agar kiranya Engkau membuat kami menyadarinya, sehingga menerima makanan sehari-hari kami dengan ucapan syukur, dengan mengakui bahwa di dalam kebaikan-Mu yang berlimpah-limpah itu, setiap hari Engkau dengan kayanya menyediakan segala sesuatu yang terkait pertolongan dan kebutuhan jasmani kami; melalui Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

Give us this day our daily bread,
And let us all be clothed and fed.
Save us from hardship, war, and strife;
In plague and famine, spare our life,
That we in honest peace may live,
To care and greed no entrance give.

LSB 766:5

Permohonan Kelima

Ya Bapa di Sorga, janganlah lihat dosa-dosa kami atau menolak doa-doa kami karena dosa-dosa itu. Kami tidak layak akan semua hal yang kami mohonkan, juga tidak pantas menerimanya; tetapi kami memohon agar Engkau memberikannya pada kami dengan anugerah-Mu, sebab kami berdosa setiap hari dan tidak pantas menerima apa-apa selain penghukuman. Jadi kami juga akan dengan tulus memaafkan orang lain dan dengan gembira berbuat baik kepada mereka yang berdosa terhadap kami. Dalam belas kasihan-Mu, dengarkanlah kami, oleh karena Yesus Kristus, Juruselamat kami. Amin.

Forgive our sins, Lord, we implore,
That they may trouble us no more;
We, too, will gladly those forgive
Who hurt us by the way they live.
Help us in our community
To serve each other willingly

LSB 766:6

Permohonan Keenam

Ya Allah, Engkau tidak mencobai siapa pun, sehingga kami berdoa agar kiranya Engkau menjaga dan memelihara kami, sehingga iblis, dunia, dan tabiat berdosa kami tidak menipu kami atau menyesatkan kami ke dalam kepercayaan yang salah, keputusasaan, dan cela dan keburukan besar lainnya. Walaupun kami diserang oleh ketiga itu, kami berdoa agar dengan percaya kepada-Mu saja, pada akhirnya kami boleh mengatasinya dan menang; melalui Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

Lead not into temptation, Lord,
Where our grim foe and all his horde
Would vex our souls on ev’ry hand.
Help us resist, help us to stand
Firm in the faith, a mighty host,
Through comfort of the Holy Ghost.

LSB 766:7

Permohonan Ketujuh

Ya Bapa di Sorga, selamatkanlah kami dari semua yang jahat terhadap tubuh dan jiwa kami, kepunyaan dan reputasi kami; dan ketika jam-jam terakhir kami tiba, berikanlah kami akhir yang penuh berkat dan dengan kemurahan hati-Mu ambillah kami dari lembah kekelaman ini bagi-Mu di Sorga melalui Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

From evil, Lord, deliver us;
The times and days are perilous.
Redeem us from eternal death,
And, when we yield our dying breath,
Console us, grant us calm release,
And take our souls to You in peace.

LSB 766:8

Penutup

Ya Bapa di Sorga, berikanlah kami kepastian bahwa permohonan-permohonan yang kami buat menurut perintah dan janji-Mu memperkenan Engkau dan Engkau mendengarnya, sehingga dengan segala keberanian, ketegasan, dan keyakinan kami boleh berkata: “Amin, amin. Ya, ya, demikianlah yang akan terjadi”; melalui Putra-Mu, Yesus Kristus, yang telah mengajar kami berdoa dengan cara ini. Amin.

Amen, that is, so shall it be.
Make strong our faith in You, that we
May doubt not but with trust believe
That what we ask we shall receive.
Thus in Your name and at Your Word
We say, “Amen, O hear us, Lord!”

LSB 766:9

Baptisan Kudus

Pertama

Ya Tuhan Yesus Kristus, Engkau telah menginstitusi Baptisan, yang bukan cuma air biasa melainkan air yang digunakan menurut perintah-Mu dan dihubungkan dengan Firman-Mu ketika Engkau berkata, “Karena itu, pergilah dan jadikanlah semua bangsa menjadi murid-Ku dengan membaptis mereka di dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus.” Buatlah kami menghargai Baptisan kami dengan percaya pada janji-janji yang Engkau buat untuk kami di dalamnya, sehingga dengan pemberian ini kami boleh datang untuk menerima warisan hidup yang kekal; sebab Engkau hidup dan memerintah bersama-sama dengan Bapa dan Roh Kudus, Allah yang esa, kini dan selamanya. Amin.

To Jordan came the Christ, our Lord,
To do His Father’s pleasure;
Baptized by John, the Father’s Word
Was given us to treasure.
This heav’nly washing now shall be
A cleansing from transgression
And by His blood and agony
Release from death’s oppression
A new life now awaits us.

LSB 406:1-2 “Christ, Unser Herr” by Martin Luther

O hear and mark the message well,
For God Himself has spoken.
Let faith, not doubt, among us dwell
And so receive this token.
Our Lord here with His Word endows
Pure water, freely flowing.
God’s Holy Spirit here avows
Our kinship while bestowing.
The Baptism of His blessing.

LSB 406:2

Kedua

Ya Tuhan Yesus Kristus, dengan kematian-Mu, Engkau telah membeli dan memenangkan pengampunan dosa bagi kami, menyelamatkan kami dari kematian dan iblis dan memberikan keselamatan kekal yang sekarang Engkau kerjakan di dalam Baptisan. Berikanlah kami Roh-Mu agar kami boleh percaya apa yang Engkau telah katakan, “Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan,” dan juga menerima pemberian-pemberian pengampunan dosa, kemenangan atas kematian dan iblis, dan keselamatan kekal, sebagaimana yang dinyatakan firman dan janji-Mu. Amin.

These truths on Jordan’s banks were shown
By mighty word and wonder.
The Father’s voice from heav’n came down,
Which we do well to ponder:
“This man is My beloved Son,
In Whom My heart has pleasure.
Him you must hear, and Him alone,
And trust in fullest measure
The word that He has spoken.”

LSB 406:3

There stood the Son of God in love,
His grace to us extending;
The Holy Spirit like a dove
Upon the scene descending;
The triune God assuring us,
With promises compelling,
That in our Baptism He will thus
Among us find a dwelling
To comfort and sustain us.

LSB 406:4

Ketiga

Ya Tuhan Kristus, tentu bukan sekadar air, tetapi firman Allah di dalam airlah yang melakukan hal-hal besar tersebut, bersama dengan iman yang percaya akan Firman Allah di dalam air itu. Sebab tanpa Firman Allah, air adalah air biasa dan bukan Baptisan. Kami mengaku dan percaya bahwa dengan Firman-Mu, air itu adalah sebuah Baptisan, yaitu air yang memberi kehidupan, yang kaya akan anugerah, dan sebuah permandian akan kehidupan baru di dalam Roh Kudus, sebagaimana yang diajarkan Rasul-Mu: “Dia menyelamatkan kita melalui permandian kelahiran kembali dan pembaruan oleh Roh Kudus, yang Dia curahkan atas kita dengan murah hati melalui Yesus Kristus Juruselamat kita, sehingga, setelah dibenarkan oleh anugerah-Nya, kita boleh menjadi ahli waris yang memiliki pengharapan akan kehidupan kekal” (Titus 3:5-8). Berikanlah kami keteguhan iman untuk melekat pada perkataan yang dapat dipercaya ini, tidak ragu tetapi percaya dengan teguh bahwa Baptisan kini menyelamatkan kami. Dengarkanlah kami, sebab kami berdoa di dalam nama-Mu, Tuhan Yesus. Amin.

To His disciples spoke the Lord,
“Go out to ev’ry nation,
And bring to them the living Word
And this My invitation:
Let ev’ryone abandon sin
And come in true contrition
To be baptized and thereby win
Full pardon and remission
And heav’nly bliss inherit.”

LSB 406:5

But woe to those who cast aside
This grace so freely given;
They shall in sin and shame abide
And to despair be driven.
For born in sin, their works must fail,
Their striving saves them never;
Their pious acts do not avail,
And they are lost forever,
Eternal death their portion.

LSB 406:6

Keempat

Tuhan Allah, Engkau telah mengajarkan kami melalui Rasul kudus-Mu: “Dengan demikian, oleh baptisan, kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia ke dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru” (Roma 6:4). Sebab Adam yang lama di dalam diri kami haruslah ditenggelamkan oleh penyesalan setiap hari dan pertobatan, bersama dengan seluruh dosa dan keinginan jahat, sehingga manusia baru boleh muncul dan bangkit setiap hari untuk hidup di hadapan-Mu di dalam kebenaran dan kemurnian selamanya; melalui Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

All that the mortal eye beholds
Is water as we pour it.
Before the eye of faith unfolds
The pow’r of Jesus’ merit.
For here it sees the crimson flood
To all our ills bring healing;
The wonders of His precious blood
The love of God revealing,
Assuring His own pardon.

LSB 406:7

Konfesi dan Absolusi

Bapa yang kudus dan murah hati, Engkau mengajarkan kami bahwa jika kami tidak mengaku dosa-dosa kami, kebenaran tidak ada di dalam kami. Berikanlah kami hati yang jujur untuk mengakui kebersalahan kami akan dosa-dosa kami, bahkan untuk dosa-dosa yang tidak kami sadari—sebagaimana yang kami mohonkan dalam Doa Tuhan—tetapi juga berikanlah kami dorongan untuk mengaku di hadapan Pendeta dosa-dosa yang kami ketahui dan rasakan di dalam hati kami. Setelah mengakui dosa kami, berikanlah kami telinga untuk mendengar dan hati untuk menerima absolusi-Mu, yaitu pengampunan, dari Pendeta, yang sebenarnya dari Engkau sendiri, dengan tidak ragu tetapi teguh percaya bahwa oleh pengampunan dosa itu, dosa-dosa kami diampuni di hadapan-Mu di Sorga; melalui Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang hidup dan memerintah bersama-sama dengan Engkau dan Roh Kudus, Allah yang esa, kini dan selamanya. Amin.

From depths of woe I cry to Thee,
In trial and tribulation;
Bend down Thy gracious ear to me,
Lord, hear my supplication.
If Thou rememb’rest ev’ry sin,
Who then could heaven ever win
Or stand before Thy presence?

LSB 607:1 “Aus Tiefer Not” by Martin Luther

Thy love and grace alone avail
To blot out my transgression;
The best and holiest deeds must fail
To break sin’s dread oppression.
Before Thee none can boasting stand,
But all must fear Thy strict demand
And live alone by mercy.

LSB 607:2

Therefore my hope is in the Lord
And not in mine own merit;
It rests upon His faithful Word
To them of contrite spirit
That He is merciful and just;
This is my comfort and my trust.
His help I wait with patience.

LSB 607:3

And though it tarry through the night
And till the morning waken,
My heart shall never doubt His might
Nor count itself forsaken.
O Israel, trust in God your Lord.
Born of the Spirit and the Word,
Now wait for His appearing.

LSB 607:4

Though great our sins, yet greater still
Is God’s abundant favor;
His hand of mercy never will
Abandon us, nor waver.
Our shepherd good and true is He,
Who will at last His Israel free
From all their sin and sorrow.

LSB 607:5

Sakramen Altar

[Pertama]

Ya Tuhan Yesus Kristus, pada malam khidmat kala pengkhianatan terhadap-Mu, Engkau mendirikan Sakramen yang memberikan kami tubuh-Mu dengan arti sebenar-benarnya dan darah-Mu dengan arti sebenar-benarnya, pada roti dan anggur untuk kami orang-orang Kristen, untuk kami makan dan kami minum. Kami memuji Engkau untuk perjanjian menakjubkan ini dan berdoa agar kiranya Engkau memimpin kami memakan dan meminum tubuh dan darah-Mu, dengan percaya pada janji-Mu saja; sebab Engkau hidup dan memerintah bersama-sama dengan Bapa dan Roh Kudus, Allah yang esa, kini dan selamanya. Amin.

Jesus Christ, our blessed Savior,
Turned away God’s wrath forever;
By His bitter grief and woe
He saved us from the evil foe.

LSB 627:1 “Jesus Christus, Unser Heiland” by John Hus & Martin Luther

As His pledge of love undying,
He, this precious food supplying,
Gives His body with the bread,
And with the wine the blood He shed.

LSB 627:2

Jesus here Himself is sharing;
Heed then how you are preparing,
For if you do not believe,
His judgment then you shall receive.

LSB 627:3

[Kedua]

Ya Tuhan Yesus, firman kudus-Mu, “diberikan dan dicurahkan untukmu demi pengampunan dosa,”; berikanlah itu bagi semua yang percaya pada pengampunan dosa yang di dalamnya ada kehidupan bersama Engkau dan keselamatan dalam kebangkitan tubuh kami. Buatlah kami melekat pada perkataan-perkataan-Mu, sehingga kami mengetahui bahwa dalam penderitaan-Mu dosa-dosa kami diampuni, hidup kami ditebus dari kematian, dan tujuan kami dalam kerajaan sorgawi-Mu dijamin dengan sangat pasti; sebab Engkau hidup dan memerintah bersama-sama dengan Bapa dan Roh Kudus, Allah yang esa, kini dan selamanya. Amin.

Praise the Father, who from heaven
To His own this food has given,
Who, to mend what we have done,
Gave into death His only Son.

LSB 627:4

Firmly hold with faith unshaken
That this food is to be taken
By the sick who are distressed,
By hearts that long for peace and rest.

LSB 627:5

Agony and bitter labor
Were the cost of God’s high favor;
Do not come if you suppose
You need not Him who died and rose.

LSB 627:6

[Ketiga]

Ya Tuhan Yesus Kristus, saat kami makan tubuh suci-Mu dan minum darah suci-Mu, tariklah hati kami untuk percaya pada janji-Mu bahwa tubuh dan darah-Mu diberikan dan dicurahkan untuk pengampunan dosa-dosa kami. Berikanlah kami keyakinan bahwa siapa pun yang percaya perkataan-Mu pasti memiliki apa yang perkataan itu sebutkan, yaitu “pengampunan dosa”; sebab Engkau hidup dan memerintah bersama-sama dengan Bapa dan Roh Kudus, Allah yang esa, kini dan selamanya. Amin.

Christ says: “Come, all you that labor,
And receive My grace and favor:
Those who feel no pain or ill
Need no physician’s help or skill.

LSB 627:7

“For what purpose was My dying
If not for your justifying?
And what use this precious food
If you yourself were pure and good?”

LSB 627:8

If your heart this truth professes
And your mouth your sin confesses,
You will be your Savior’s guest,
Be at His banquet truly best.

LSB 627:9

[Keempat]

Ya Tuhan Kristus, berikanlah agar jangan sekali-kali kami datang ke altar-Mu dengan percaya pada kebenaran kami sendiri atau bergantung pada kelayakan diri kami sendiri, yaitu hal-hal di luar Firman-Mu yang kami kira dapat membuat kami layak datang pada altar-Mu. Berpuasa dan persiapan jasmani adalah latihan lahiriah yang baik untuk mendisiplinkan tubuh, tetapi hal-hal itu tidak akan pernah membuat kami layak di mata-Mu. Bebaskanlah kami dari kepercayaan yang salah dan keyakinan yang salah tempat, dan di dalam kemurahan hati-Mu, bawalah kami ke dalam pertobatan yang sejati, bebaskanlah kami dari keraguan, dan hiburkanlah hati nurani kami dengan pengampunan yang daripada-Mu; sebab Engkau hidup dan memerintah bersama-sama dengan Bapa dan Roh Kudus, Allah yang esa, kini dan selamanya. Amin.

Let this food your faith so nourish
That its fruit of love may flourish
And your neighbor learn from you
How much God’s wondrous love can do.

LSB 627:10

Doa Pagi dan Malam

Ya Bapa Sorgawi, di dalam-Mu kami hidup dan bergerak serta memiliki ke-ada-an kami. Nama-Mu haruslah dipuji dari terbitnya Matahari sampai dengan terbenamnya. Lindungi dan berkatilah datang dan pergi kami agar hidup kami boleh dijaga aman dari dosa dan iblis, dan agar saat terjaga atau tertidur kami boleh hidup di dalam kepercayaan bahwa waktu kami ada di dalam genggaman tangan-Mu yang penuh belas kasihan itu; melalui Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

Anugerah di Meja Makan

Ya Bapa yang murah hati, dalam kebaikan-Mu yang melimpah-limpah itu Engkau membuka tangan-Mu untuk memuaskan keinginan setiap makhluk hidup. Ajarlah kami untuk menghormati Engkau saja sebagai Pemberi roti sehari-hari kami dan agar kami mengakui Engkau dengan syukur dan puji-pujian; melalui Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan memerintah bersama-sama dengan Engkau dan Roh Kudus, Allah yang esa, kini dan selamanya. Amin.

Daftar Tugas

[Pertama]

Ya Tuhan Yesus Kristus, Kepala Gereja yang adalah Tubuh-Mu, berikanlah kami anugerah untuk hidup di dalam jemaat-Mu menurut panggilan kami masing-masing, entah sebagai pengkhotbah ataupun sebagai pendengar Firman-Mu. Buatlah seluruh Pendeta tegas dan berani memberitakan kebenaran-Mu dan berikanlah iman kepada seluruh pendengar untuk menerima Firman-Mu dengan kerendahan hati yang lahir dari iman dan suatu keinginan kuat untuk menghormati dan menyokong mereka yang memegang jabatan untuk berkhotbah. Amin.

[Kedua]

Ya Bapa yang mahakuasa dan kekal, Engkau adalah sumber dari segala kuasa, sehingga mereka yang menyandang pedang menggunakan pedang sebagai hamba-hamba-Mu dan dengan pertanggungjelasan kepada Engkau [dan mandat yang dari-Mu]. Berikanlah kami hikmat untuk mengenali ini, sehingga kami menghidupi kehidupan yang baik dan damai; agar kami pun mendoakan mereka yang bekerja dalam jabatan sipil, menghormati mereka dalam perkataan dan perbuatan, dan dengan senang memberikan mereka apa yang menjadi bagian mereka sama seperti kami memberikan bagi-Mu apa yang merupakan milik Engkau saja; melalui Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.

[Ketiga]

Ya Bapa yang murah hati, Engkau telah menetapkan kekhususan di dalam kehidupan berkeluarga, dimana seisi rumah harus saling mencintai dan melayani. Kami bersyukur kepada-Mu untuk pemberian-Mu berupa pernikahan dan keluarga. Berikanlah agar setiap pasangan suami dan istri saling menghormati dan menyukakan satu sama lain dalam kesetiaan sepanjang masa. Berikanlah hikmat kepada anak-anak untuk patuh pada orangtua mereka agar hikmat itu boleh senantiasa menyertai mereka dan agar mereka boleh menikmati umur yang panjang di bumi. Berkatilah setiap orang dalam pekerjaan sehari-hari mereka; melalui Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.


Kembali ke laman Doa-doa

Tinggalkan komentar

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑